Minggu, 24 November 2013

GALASIN


Kali ini saya ingin sedikit bercerita dan menjelaskan tentang permainan sewaktu saya kecil. Disini saya akan membahas tentang “Galasin”. Ya mungkin yang lahir disekitar tahun 93-an masih paham tentang permainan ini. Karena makin modernnya zaman maka banyak anak yang tidak mengerti dengan permainan semacam ini.

Jadi galasin adalah permainan yang dimainkan oleh 2 kelompok. Permainan ini menggunakan lapangan bulu tangkis biasanya karena lapangan ini lebih efektif karena garisnya sudah bias digunakan untuk bermain galasin, sehingga tidak perlu digambar garis lagi. Setelah ditentukan undian urutan jaga, maka akan ada 1 kelompok berjaga, dan 1 kelompok untuk berlari melewati penjagaan dari kelompok penjaga.
Jadi kurang lebih kelompok akan berjaga pada posisi seperti gambar dibawah ini.

 


 
Nah, jadi bias terbayang para penjaga akan aad pada posisi seperti digambar, pada garis lapangan bulu tangkis yang sudah ada. Jadi tim penerobos akan berlari dan menghindari para tim penjaga dengan arah lari dari bawah ke atas.

Selama permainan siapapun dari tim penerobos tidak boleh tersentuh oleh tim penjaga, jika tersentuh maka permainan akan bertukar tempat dari tim penjaga menjadi tim penerobos. Jadi, jika ada seorang dari tim penerobos bias melewati penjagaan tanpa tersentuh akan dianggap menang.

Kurang lebih seperti itulah penjelasan secara singkat tentnag galasin permainan tradisional yang membutuhkan kerjasama kelompok sewaktu saya kecil. Permainan ini sekarang dan makin lama akan semakin dilupakan karena berkembangnya permainan modern yang semakin canggih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar