Rabu, 03 April 2013

Solo The Spirit Of Java!

Sudah sangat lama saya sudah berencana ingin liburan ke kampung halaman. Tetapi baru liburan semester 1 kemarin saya sempat untuk berlibur kesana. Ya, seperti judulnya, Solo.

Solo adalah daerah kelahiran ibu saya. Beliau tinggal dan besar disana sebelum pergi merantau ke Jakarta. Sedangkan saudara dan kakek nenek saya masih disana. Oleh karena itu berlibur kesana sangat saya impikan sejak lama karena kesibukan orang tua saya yang sudah sulit untuk pulang kampong seperti dulu. Sehingga saya memutuskan kesana seorang diri.

Dengan bermodal tiket kereta ekonomi seharga Rp 40.000 (kurang lebih seingat saya) saya pergi ke solo sendirian. Karena saya pergi seorang diri, kewaspadaan saat didalam kereta lebih saya tingkatkan karena banyak sekali modus kejahatan yang sulit diterka dan sulit dipercaya. Saya menaruh tas ransel saya di atas tempat menaruh tas dan barang-barang. Saya menaruh barang penting seperti dompet, handphone, dan sebagainya di kantung jaket dada saya. Sehingga saya merasa lebih aman dan nyaman dalam perjalanan yang dapat dikatakan jauh ini.

Sepanjang perjalanan yang terlihat hanya kemacetan jalanan Jakarta, dan kepadatan lalu lintas, penduduk, dan rumah yang sangat berdesakan. Baru setelah melewati karawang pandangan itu pun berubah menjadi pemandangan yang asri, sejuk, karena dikanan kiri adalah pemandangan luas bentangan sawah hijau. Sungguh perbedaan yang sangat kontras dengan di Jakarta.

Dengan kewaspadaan tinggi sampai larut malam saya menahan kantuk akhirnya esok pagi saya tiba di stasiun purwosari solo. Karena keadaan masih pagi dan sulit kendaraan akhirnya saya memutuskan untuk menggunakan jasa taksi di sekitar stasiun. Setibanya di rumah nenek sambutan yang saya terima sangat membingungkan karena memang saya tidak memberitahu bahwa saya akan ke solo, jadi nenek saya antara percaya dan tidak melihat saya sampai di kediamannya.

Saya berada di solo selama 7 hari waktu setempat atau 1 minggu. Selama disana saya menyempatkan untuk mengunjungi daerah wisata yang sering diperbincangkan atau terkenal disana. Seperti air terjun grojogan sewu, atau menikmati dingin dan sejuknya puncak gunung di tawang mangu.