Sabtu, 27 April 2013

Memenangkan Globalisasi


Globalisasi adalah proses penyebaran unsur-unsur baru khususnya yang menyangkut informasi secara mendunia melalui media cetak dan elektronik. Khususnya, globalisasi terbentuk oleh adanya kemajuan di bidang komunikasi dunia.

Ada pula yang mendefinisikan globalisasi sebagai hilangnya batas ruang dan waktu akibat kemajuan teknologi informasi.

Munculnya globalisasi yang mendunia, secara tidak langsung akan berpengaruh terhadap aspek kehidupan bangsa. Sehingga masyarakat sulit untuk menyaring perkembangan teknologi yang muncul. Untuk mengatasi hal tersebut, masyarakat sendirilah yang harus pintar-pintar menyikapinya. Dengan menyesuaikan kondisi dan kebutuhan yang ada dan jangan memaksakan budaya luar yang sulit diterima oleh masyarakat. Maka dari itu, perlu ditanamkan sikap kecintaan terhadap budaya sendiri dan menanamkan nilai-nilai pancasila.

Jadi, menurut saya cara untuk memenangkan globalisasi adalah dengan cara memberi tontonan televisi yang dapat membuka fikiran masyarakat akan dunia luar agar masyarakat Indonesia berhenti berfikir kolot dan mau belajar dari Negara luar yang dapat kita ambil nilai positifnya demi kemajuan Negara kita sendiri. Tentu saja kita ambil yang baik dan tidak keluar dari moral adat dari Negara kita ini karena tidak semua budaya atau ilmu dari barat itu jelek.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar