Jumat, 04 Oktober 2013

SEGMENTASI PASAR & ANALISIS DEMOGRAFI

segmentasi pasar adalah kegiatan membagi suatu pasar menjadi kelompok-kelompok pembeliyang berbeda yang memiliki kebutuhan, karakteristik, atau perilaku yang berbeda yang mungkin membutuhkan produk atau bauran pemasaran yang berbeda. Segmentasi pasar juga dapat diartikan sebagai proses pengidentifikasian dan menganalisis para pembeli di pasar produk, menganalisis perbedaan antara pembeli di pasar.


Syarat segmentasi :
Ada beberapa syarat segmentasi yang efektif, yaitu:

1.  Dapat diukur
2.  Dapat dicapai
3.  Cukup besar atau cukup menguntungkan
4. Dapat dibedakan
5. Dapat dilaksanakan

 
Manfaat Segmentasi Pasar
a. Penjual atau produsen berada dalam posisi yang lebih baik untuk memilih kesempatan- kesempatan pemasaran.

b. Penjual atau produsen dapat menggunakan pengetahuannya terhadap respon pemasaran yang berbeda-beda, sehingga dapat mengalokasikan anggarannya secara lebih tepat pada berbagai segmen.

c. Penjual atau produsen dapat mengatur produk lebih baik dan daya tarik pemasarannya
Analisis demografi

Ini merujuk data statistik penduduk, termasuk pendapatan, rata-rata umur, dan pendidikan. Kalau menurut Hermawan, demografi ini termasuk dalam Static Attribute Segmentation, atau cara memandang pasar berdasarkan geografis dan demografi. Geografis berarti kita melihat pasar berdasarkan wilayah (negara, kawasan, propinsi, kota). Sedangkan demografi berati kita melihat pasar berdasarkan jenis kelamin, usia, pekerjaan, agama dan pendidikan.
Segmentasi dan profitabilitas
Jadi profitabilitas dapat berfungsi untuk melihat apakah kegiatan segmentasi pasar yang dilakukan berpengaruh atau tidak terhadap keuntungan yang di dapat perusahaan.

 

Contoh Perusahaan


Nama
:
Ultra Jaya Milk Industry Tbk
Kode
:
ULTJ
Alamat Kantor
:
PO.Box 1230 Bandung 40012
Alamat Email
:
eddikur@ultrajaya.co.id; admin@ultrajaya.co.id
No. Telepon
:
(022) 86700700, 665-46-10
Faks
:
(022) 665-4612
NPWP
:
01.118.565.9-054.000
NPKP
:
-
Situs
:
Tanggal IPO
:
02-Jul-1990
Papan
:
Utama
Bidang Usaha Utama
:
Industri Makanan
Sektor
:
CONSUMER GOODS INDUSTRY
Sub Sektor
:
FOOD AND BEVERAGES
Biro Administrasi Efek
:
PT Sirca Datapro Perdana
Ultra Jaya Milk Industry Tbk



We manufacture and sell a wide range of UHT fresh dairy products, fresh ready-to-drink tea, and fresh fruit juices.

Up to today, we are the pioneer and Indonesia’s leading producer of aseptic dairy products and beverages for consumers throughout the country under some well-known brands such as Ultra Milk for dairy products, Teh Kotak, Sari Kacang Ijo, Sari Asem Asli for Healthy Drink product, and some other beverages for export.

Our Mother brand, Ultra Milk, has been able to maintain its leadership in the Liquid Milk Segment over a long period, just as Teh Kotak in the RTD tea- in- carton segment.

Our plant is strategically located in the center of the rich agricultural hinterland of Bandung which provides it with an abundant and reliable source of high quality, fresh ingredients, from milk to tea and tropical fruits.

The freshness of these ingredients as well as their natural, nutritional quality is preserved through an Ultra High Temperature (UHT) process and the latest aseptic packaging technology without adding any preservatives.

Nowadays, 90 percent of the company’s total production volume is sold domestically throughout Indonesia, while the remainder is exported to various countries in Asia, Europe and The Middle East, as well as Australia and The United States of America. The products sold to local and export markets are identical.
Analisis : Jadi dari artikel dan data tentang Ultra milk industry seperti diatas, kita bisa melihat kalau Ultra Milk Industry melihat celah atas kebutuhan susu bagi seluruh masyarakat diluar pedesaan yang sulit mendapatkan susu segar dikarenakan letak mereka yang ada di perkotaan jauh dari produsen susu. Jadi Ultra Milk Industry melakukan segmentasi pasar dengan tepat agar susu segar yang menjadi kualitasnya itu bisa sampai ketangan konsumen yang berada jauh di perkotaan. maka mereka melakukan pembungkusan yang disebut tetra pack. Hal itu membuat susu menjadi lebih awet dan dapat bertahan lebih lama selama pengiriman dan isi tetap segar sampai ditangan konsumen.
 





 




(Budiarto, Teguh (1993). Dasar pemasaran. Jakarta : penerbit Gunadarma)





Tidak ada komentar:

Posting Komentar