Jumat, 04 Oktober 2013

PENDAHULUAN


Perilaku konsumen dan cakupan ilmu perilaku konsumen

Perilaku konsumen adalah proses dan aktivitas ketika seseorang berhubungan dengan pencarian, pemilihan, pembelian, penggunaan, serta pengevaluasian produk dan jasa demi memenuhi kebutuhan dan keinginan.

Lalu apa yg dimaksud dengan konsumen?

Konsumen adalah setiap orang pemakai barang dan/atau jasa yang tersedia dalam masyarakat, baik bagi kepentingan diri sendiri, keluarga, orang lain, maupun makhluk hidup lain dan tidak untuk diperdagangkan.Jika tujuan pembelian produk tersebut untuk dijual kembali, maka dia disebut pengecer atau distributor.

Berikut adalah Ciri-ciri konsumen :

1. Personal Consumer : konsumen ini membeli atau menggunakan barang atau jasa untuk penggunaannya sendiri.

2. Organizational Consumer : konsumen ini membeli atau menggunakan barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan dan menjalankan organisasi tersebut.

 

Kekuatan Utama, yang dapat mempertajam penelitian tentang konsumen

1.Mengerti Keinginan Konsumen

Melakukan survei di lapangan untuk mengetahui kebutuhan dan keinginan konsumen agar tercipta kenyamanan konsumen terhadap pelayanan yang kita berikan.

2. Melakukan Kreatifitas dalam hal penemuan baru atau inovasi baru

ide yang brilian dan dilaksanakan akan menciptakan sebuah karya seni yang tinggi, dalam kemasan produk, harga, stategi pemasaran dan iklan.

sumber :

http://id.wikipedia.org/wiki/Perilaku_konsumen

(Budiarto, teguh (1993). Dasar pemasaran. Jakarta: gunadarma )
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar