Segmentasi pasar adalah kegiatan
membagi suatu pasar menjadi kelompok-kelompok pembeli
yang berbeda yang memiliki kebutuhan, karakteristik, atau perilaku yang berbeda
yang mungkin membutuhkan produk atau bauran pemasaran yang berbeda. Segmentasi
pasar juga dapat diartikan sebagai proses pengidentifikasian dan menganalisis
para pembeli di pasar produk, menganalisis perbedaan antara pembeli di pasar.
Syarat segmentasi :
Ada beberapa syarat segmentasi
yang efektif, yaitu:
1. Dapat diukur
2. Dapat dicapai
3. Cukup besar atau cukup menguntungkan
4. Dapat dibedakan
5. Dapat dilaksanakan
Manfaat Segmentasi Pasar
a. Penjual
atau produsen berada dalam posisi yang lebih baik untuk memilih kesempatan-
kesempatan pemasaran.
b. Penjual
atau produsen dapat menggunakan pengetahuannya terhadap respon pemasaran yang
berbeda-beda, sehingga dapat mengalokasikan anggarannya secara lebih tepat pada
berbagai segmen.
c. Penjual
atau produsen dapat mengatur produk lebih baik dan daya tarik pemasarannya
Analisis demografi Ini merujuk data statistik penduduk,
termasuk pendapatan, rata-rata umur, dan pendidikan. Kalau menurut Hermawan,
demografi ini termasuk dalam Static
Attribute Segmentation, atau
cara memandang pasar berdasarkan geografis dan demografi. Geografis berarti
kita melihat pasar berdasarkan wilayah (negara, kawasan, propinsi, kota).
Sedangkan demografi berati kita melihat pasar berdasarkan jenis kelamin, usia,
pekerjaan, agama dan pendidikan.
Jadi profitabilitas
dapat berfungsi untuk melihat apakah kegiatan segmentasi pasar yang dilakukan
berpengaruh atau tidak terhadap keuntungan yang di dapat perusahaan.
Contoh Perusahaan
Nama
|
:
|
Ultra Jaya Milk Industry Tbk
|
|
Kode
|
:
|
ULTJ
|
|
Alamat Kantor
|
:
|
PO.Box 1230 Bandung 40012
|
|
Alamat Email
|
:
|
eddikur@ultrajaya.co.id; admin@ultrajaya.co.id
|
|
No. Telepon
|
:
|
(022) 86700700, 665-46-10
|
|
Faks
|
:
|
(022) 665-4612
|
|
NPWP
|
:
|
01.118.565.9-054.000
|
|
NPKP
|
:
|
-
|
|
Situs
|
:
|
||
Tanggal IPO
|
:
|
02-Jul-1990
|
|
Papan
|
:
|
Utama
|
|
Bidang Usaha Utama
|
:
|
Industri Makanan
|
|
Sektor
|
:
|
CONSUMER GOODS INDUSTRY
|
|
Sub Sektor
|
:
|
FOOD AND BEVERAGES
|
|
Biro Administrasi Efek
|
:
|
PT Sirca Datapro Perdana
|
We
manufacture and sell a wide range of UHT fresh dairy products, fresh
ready-to-drink tea, and fresh fruit juices.
Up to today,
we are the pioneer and Indonesia’s leading producer of aseptic dairy products
and beverages for consumers throughout the country under some well-known brands
such as Ultra Milk for dairy products, Teh Kotak, Sari Kacang Ijo, Sari Asem
Asli for Healthy Drink product, and some other beverages for export.
Our Mother
brand, Ultra Milk, has been able to maintain its leadership in the Liquid Milk
Segment over a long period, just as Teh Kotak in the RTD tea- in- carton
segment.
Our plant is
strategically located in the center of the rich agricultural hinterland of
Bandung which provides it with an abundant and reliable source of high quality,
fresh ingredients, from milk to tea and tropical fruits.
The
freshness of these ingredients as well as their natural, nutritional quality is
preserved through an Ultra High Temperature (UHT) process and the latest
aseptic packaging technology without adding any preservatives.
Nowadays, 90
percent of the company’s total production volume is sold domestically
throughout Indonesia, while the remainder is exported to various countries in
Asia, Europe and The Middle East, as well as Australia and The United States of
America. The products sold to local and export markets are identical.
id.wikipedia.org/wiki/Segmentasi_pasar
http://www.idx.co.id/id-id/beranda/perusahaantercatat/profilperusahaantercatat.aspx
(Budiarto, Teguh (1993). Dasar pemasaran. Jakarta : penerbit Gunadarma)http://www.idx.co.id/id-id/beranda/perusahaantercatat/profilperusahaantercatat.aspx
Tidak ada komentar:
Posting Komentar