Perilaku
konsumen dan cakupan ilmu perilaku konsumen
Perilaku konsumen adalah proses dan aktivitas ketika
seseorang berhubungan dengan pencarian, pemilihan, pembelian, penggunaan, serta
pengevaluasian
produk dan jasa demi memenuhi kebutuhan
dan keinginan.
Lalu apa
yg dimaksud dengan konsumen?
Konsumen adalah setiap orang pemakai barang dan/atau jasa yang tersedia dalam masyarakat, baik
bagi kepentingan diri sendiri, keluarga, orang lain, maupun makhluk hidup lain
dan tidak untuk diperdagangkan.Jika tujuan pembelian produk tersebut untuk
dijual kembali, maka
dia disebut pengecer atau distributor.
Berikut
adalah Ciri-ciri konsumen :
1. Personal
Consumer : konsumen ini membeli atau menggunakan barang atau jasa untuk penggunaannya
sendiri.
2.
Organizational Consumer : konsumen ini membeli atau menggunakan barang atau
jasa untuk memenuhi kebutuhan dan menjalankan organisasi tersebut.
Kekuatan Utama, yang dapat mempertajam penelitian tentang
konsumen
1.Mengerti Keinginan Konsumen
Melakukan survei di lapangan untuk mengetahui kebutuhan
dan keinginan konsumen agar tercipta kenyamanan konsumen terhadap pelayanan
yang kita berikan.
2. Melakukan Kreatifitas dalam hal penemuan baru atau inovasi
baru
ide yang brilian dan dilaksanakan akan menciptakan sebuah
karya seni yang tinggi, dalam kemasan produk, harga, stategi pemasaran dan iklan.
sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Perilaku_konsumen
(Budiarto,
teguh (1993). Dasar pemasaran. Jakarta: gunadarma )
Tidak ada komentar:
Posting Komentar